Monday, December 21, 2009

Setting Internet Nokia GSM

Setelah menuliskan panduan mengenai setting internet dengan Nokia CDMA sebagai modem untuk koneksi internet pada personal computer atau note book/laptop, maka kali ini saya akan menulis artikel mengenai cara setting internet dengan Nokia GSM.

Cara setting internet dengan Nokia GSM ini pun telah saya uji sendiri, dan koneksi internet telah berhasil saya akses. Handphone yang saya pakai adalah Nokia 6610, tetapi untuk Nokia GSM tipe yang lain pun biasanya sama saja setting internetnya, yang penting hpnya sendiri telah didukung dengan fasilitas modem sebagai perangkat tambahan di dalamnya, malahan cara setting ini berlaku umum untuk HP dari merk dan tipe yang lain, baik HP GSM maupun CDMA, karena cara setting yang digunakan adalah cara setting standar, dan tanpa penggunaan PC Suite, walaupun tentu ada beberapa perbedaan juga, diantaranya untuk jenis kabel data, USB driver, atau modem drivernya.

Inilah langkah-langkah settingan tersebut:

Pemasangan Kabel Data CA-42:

* Jangan dulu sambungkan kabel data ke komputer, karena akan mengakibatkan kesalahan instal driver.

* Masukkan CD driver ke dalam CD/DVD ROM

* Instal USB driver dengan mengklik dua kali setup.exe, dan pilih bahasa, “English” misalnya > klik next > klik next > klik install

* Setelah instalasi selesai, sebaiknya restart komputer, lalu sambungkan kabel data ke port USB, maka secara otomatis komputer akan mendeteksi keberadaan USB tersebut dengan munculnya tulisan di layar monitor” Wellcome to the Found new hardware Wizard”, dan meminta penginstalan. Di sana ada pertanyaan “ Can Windows connect to Windows update to search for software? Pilih Yes, this time only, > lalu klik next > Install the software automatically atau Install from a list or specific location > klik next > klik next > klik Continue Anyway > klik Finish, dan kabel data pun telah siap digunakan.

Sebaiknya gunakan kabel data yang ada chargernya, supaya koneksi internet tidak terputus akibat kehabisan daya baterai.

Berlanjut ke penginstalan modem:

* Sebelum modem driver dipasang, kita harus tahu terlebih dahulu di Port berapa kabel data. terpasang, caranya klik Start > My Computer > Properties > Hardware > Device Manager > lihat di Port berapa kabel data USB tersebut terpasang, karena pada saat penginstalan modem driver, Port yang diinstal harus sama dengan Port yang digunakan oleh kabel USB.

* klik Start > Control Panel > Phone and modem Options . Jika ada tampilan Location Information, masukkan saja kode area telepon, berapa saja, misalnya 022 > klik tab modem > klik Add > klik Don’t detect my modem. I will select it from a list > klik Next > klik Have Disk > klik Browse, cari keberadaan file Nokia_6610_cable_Driver > klik OK > pilih Nokia > pilih Nokia 6610 (Cable) > klik next > Pilih port yang sesuai dengan keberadaan kabel data > klik Continue Anyway > klik Finish > klik Ok.

Membuat Koneksi ke internet:

* Klik Start > Control Panel > Network Connection (jika tidak ketemu, Switch to Classic View) > pilih Network Connection

* Create a New Connection > klik Next > Pilih Connect to Internet > klik Next > pilih Set up my connection manually > klik Next > pilih Connect using a dial-up modem > pilih modem Nokia 6610 (Cable)> klik next > Di Connection name “ketik apa saja” nama provider misalnya > klik Next > Phone number isi dengan *99# (semua operator GSM) > klik next > masukkan User name dan Password yang diberikan provider atau operator GSM > klik next > sebaiknya pilih add shortcut to this connection to my desktop > Lalu klik Finish

* Koneksi internet pun telah siap untuk digunakan.

Catatan:

1. Pastikan akses internet telah diaktifkan oleh operator yang bersangkutan.
2. Untuk settingan internet dengan Nokia 6610 ini sebaiknya jangan cukup di komputer, karena pengalaman saya biasanya koneksi sering terputus, dan sering susah untuk dial. Tetapi setting juga di HP-nya, yaitu: Klik Menu > Pilih Sambungan > Pilih GPRS Selalu Online.

Semoga bermanfaat…!!! (Cepi Nugraha)

Artikel terkait:

* HP GSM & CDMA untuk Modem Internet
* Setting Internet SE K610i
* Setting Internet SE K550i
* Setting Internet SE W200i
* Setting Internet Nokia CDMA
* Akses Internet Unlimited GSM Paling Murah
* Akses Internet Unlimited CDMA Paling Murah

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home