Monday, December 21, 2009

Akses Internet Unlimited GSM Paling Murah

Telah ada beberapa layanan akses internet GSM yang saya masukkan ke dalam kategori layanan akses internet unlimited paling murah di Indonesia saat ini (14 April 2009). Selain murah, layanan internet ini bisa dinikmati oleh siapa saja dan dimana saja, selama ada jaringan HSDPA/3.5G, UMTS/3G, atau GPRS dari operator GSM terkait. Banyak diantara kita yang telah menggunakannya, akan tetapi mungkin juga banyak yang belum mengetahuinya. Untuk itu, berikut adalah operator internet atau internet provider GSM yang telah menyediakan layanan internet unlimited murah tersebut:

1. Telkomsel

Layanan akses internet unlimited dengan harga murah ini dipelopori oleh Telkomsel dengan meluncurkan Telkomsel Flash Unlimited-nya, dimana salah satu diantaranya adalahTelkomsel Flash Unlimited Paket Basic” dengan biaya RP. 125.000/bulan + PPN 10 % atau total Rp. 137.000/bulan dengan sistem pasca bayar.

Telkomsel Flash Unlimited Paket Basic ini bisa juga digunakan untuk mengirim serta menerima panggilan telepon/percakapan maupun SMS, apalagi jika modem yang digunakan adalah pesawat handphone atau modem lain yang bisa digunakan untuk percakapan maupun SMS melalui komputer. Biaya untuk telepon dan SMS ini tentu saja di luar biaya khusus internet yang Rp. 125.000 + PPN 10 % yang tadi, dan berlaku tarif biasa yang berlaku pada tarif telepon dan SMS Kartu Hallo, karena layanan ini menggunakan Kartu Hallo sebagai chipnya.

Keterangan:

Kecepatan (speed): Up to 256 kbps hingga 3GB quota perbulan. Dan bila telah melampaui kecepatan tersebut, maka kecepatan diturunkan menjadi Up to 64 kbps.

2. Indosat

Setelah kemunculan internet unlimited dari Telkomsel Flash, Indosat pun meluncurkan 2 (dua) layanan paket internet unlimited murahnya melalui 2 (dua) layanan yang berbeda, walaupun dengan biaya yang hampir sama, yaitu:

1.) Indosat 3.5G Broadband

Diantara paket yang ditawarkan oleh Indosat dengan Indosat 3.5G Broadband-nya adalah Paket Unlimited “Package Isat Eco” dengan biaya Rp. 100.000/bulan + PPN 10 % atau total = Rp. 110.000/bulan (Pasca Bayar).

Karena berbasis Matrix Pasca Bayar, maka chip yang diberikan juga bisa digunakan untuk melakukan percakapan dan SMS seperti halnya Telkomsel Flash, dengan biaya yang dibebankan di luar biaya Rp. 100.000 + PPN 10 % tersebut.

Keterangan:

Kecepatan (speed): Up to 256 kbps hingga 2GB quota perbulan. Dan bila telah melampaui kecepatan tersebut, maka kecepatan diturunkan menjadi Up to 64 kbps.

2.) Indosat M2

Seperti halnya Telkomsel Flash dan Indosat 3.5G Broadband, Indosat M2 juga menawarkan beberapa paket pilihan. Paket termurah yang bisa kita pilih pada Indosat M2 ini adalah IM2 Broom Unlimited, dengan biaya Rp. 100.000/bulan (Prabayar).

Tidak seperti pada Telkomsel Flash maupun Indosat 3.5G Broadband yang harus menunggu survey dan pengaktifan, maka layanan IM2 Broom unlimited ini dapat kita nikmati segera setelah kita membeli Paket Perdananya dengan harga Rp. 150.000 (+ voucher perdana), dimana pengaktifannya bisa kita lakukan sendiri atau diaktifkan langsung oleh pihak M2 atau reseller-resellernya.

Karena menggunakan sistem Prabayar, maka pembayaran untuk Indosat M2 Broom ini dapat dilakukan dengan cara isi ulang dengan voucher-voucher isi ulang produk Indosat seperti voucher IM2, Mentari, IM3, starone, atau dengan cara lainnya. Tetapi karena berbasis IM2, maka layanan ini tidak bisa digunakan untuk mengirim dan menerima panggilan suara/percakapan, atau SMS.

Keterangan:

Kecepatan (speed): Up to 256 kbps hingga 2GB quota perbulan. Dan bila telah melampaui kecepatan tersebut, maka kecepatan diturunkan menjadi Up to 64 kbps.

Menyusul pula, Indosat M2 Broom Asyik Join Unlimited, 2 in 1 chips (IM2 Unlimited+Broom Asik Classic). Harga perdana Rp. 125.ooo-150.000, dengan isi ulang Rp 75.000/bulan.

Keterangan:

Kecepatan (speed): Up to 256 kbps hingga 800MB quota perbulan. Dan bila telah melampaui kecepatan tersebut, maka kecepatan diturunkan menjadi Up to 64 kbps.

3. Exelcomindo

Seakan tidak mau kalah dari Telkomsel serta Indosat yang telah mendahuluinya, maka Exelcomindo (XL) pun mengeluarkan paket internet unlimited sebagai salah satu layanannya.

XL Unlimited ini pun menggunakan sistem prabayar seperti halnya IM2 Broom Unlimited. Setelah pembelian paket perdananya sebesar harga Rp.150.000 dilakukan, maka layanan ini sudah bisa langsung diaktifkan, serta koneksi internet telah dapat digunakan. Biaya perbulannya juga sama halnya seperti Indosat M2 Broom, yaitu Rp. 100.000/bulan dan bisa diisi ulang, hanya saja ada kelebihan lain untuk XL unlimited ini dibandingkan dengan Indosat M2 broom, yaitu bisa digunakan untuk malalukan percakapan serta SMS seperti halnya Telkomsel Flash Unlimited serta Indosat Broadband Unlimited.

Keterangan:

Kecepatan (speed): Up to 256 kbps hingga 2GB quota perbulan. Dan bila telah melampaui kecepatan tersebut, maka kecepatan diturunkan menjadi Up to 64 kbps.

Catatan: Semua layanan internet di atas bisa kita nikmati melalui Personal Computer (PC), note book (laptop), maupun dari pesawat handphone atau PDA GSM yang telah tersedia fitur untuk internet di dalamnya.

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home